Selamat Datang

"Selamat datang di blog Nurdin Syariati, jadikan blog ini sebagai wadah untuk saling tukar menukar informasi demi tercapainya Indonesia yang jaya sebagai negara yang berdaulat dan bermartabat"
MERDEKA 100 % !!!!!!!!!

Senin, 25 Januari 2010

Persoalan Panwaslu tidak Pengaruhi Tahapan Pilkada Kalsel

Senin, 11 Januari 2010

BANJARMASIN--MI: Dualisme Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kalimantan Selatan tidak akan memengaruhi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua KPU Kalsel Mirhan di Banjarmasin, Senin (11/1) mengatakan, walaupun sekarang ini keberadaan Panwaslu Pilkada sedang dalam perdebatan, tetapi ia yakin tahapan Pilkada 2010 Kalsel tetap berjalan sesuai jadwal.

"Kami sebagai lembaga penyelenggara pilkada tidak akan terpengaruh persoalan Panwaslu itu," lanjutnya.

Ia menjelaskan, dualisme Panwaslu sekarang ini sedang dibahas antara Depdagri, KPU, dan Bawaslu.

Mirhan menuturkan, walaupun sampai saat ini belum juga terbentuk Panwaslu namun tidak memengaruhi proses yang sekarang sedang dilakukan KPU.

"Ini baru persiapan untuk Pilkada dan belum sampai pada tahapan yang akan dimulai pada Februari 2010, jadi sampai saat ini mengenai keberadaan Panwaslu belum ada pengaruh sedikit pun," katanya.

Ia menjelaskan, dualisme keberadaan Panwaslu terjadi karena Panwaslu yang lama dibentuk kembali berdasarkan peraturan Bawaslu, sedangkan Panwaslu yang baru dibentuk atas ketentuan UU.

"Persoalan Panwaslu itu kami serahkan sepenuhnya ke KPU pusat dan kami siap menjalankan hasil dari rapat antara Depdagri, KPU, serta Bawaslu," kata Mirhan yang selalu melemparkan senyuman.

Selain itu saat ditanya gimana dengan tahapan untuk Panwaslu sendiri, Mirhan dengan enteng menjawab apabila panwaslu itu tidak terbentuk ya sepenuhnya kita serahkan ke Bawaslu.

Selanjutnya, karena Bawaslu sebagai lembaga pusat atasan dari Panwaslu jadi apabila Panwaslu tidak terbentuk untuk Pilkada maka pihak Bawaslu harus bisa turun langsung kelapangan untuk melakukan pengawasan Pemilu Kada 2010 yang ada di Kalsel, ungkap Mirhan.

Pilkada 2010 Kalsel ini akan diikuti oleh satu dari pihak provinsi Kalsel untuk pemilihan gubernur dan wakilnya serta tujuh dari pihak kabupaten/kota untuk memilih bupati/wali kota dan wakilnya. (Ant/OL-02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar