Selamat Datang

"Selamat datang di blog Nurdin Syariati, jadikan blog ini sebagai wadah untuk saling tukar menukar informasi demi tercapainya Indonesia yang jaya sebagai negara yang berdaulat dan bermartabat"
MERDEKA 100 % !!!!!!!!!

Kamis, 28 Januari 2010

PENTINGNYA SURVEI PILKADA DAN KEGUNAAN SERTA OUTPUT SURVEI PILKADA

PENTINGNYA SURVEI PILKADA

Logika Dasar Pemilihan Langsung

Kunci keberhasilan dan kemenangan kandidat dalam pilkada ditentukan oleh pemilih, bukan oleh elit partai.
Kandidat yang akan maju dalam pemilihan perlu mengetahui terlebih dahulu seberapa jauh calon kandidat tersebut dikenal, disukai dan didukung oleh si pemilih.

Pentingnya Pemahaman Terhadap Perilaku Pemilih

Kandidai menjadi pemenang dalam pemilihan karena kuantitas pemilih, bukan kualitas pemilihnya.
Strategi kampanye harus diarahkan dengan tepat untuk membidik pemilih di berbagai lapisan.
Pengenalan terhadap lapisan pemlih, karakteristik, dan profil pemilih menjadi penting agar kandidat bisa menjangkau sebanyak mungkin orang yang akan memilih.
Pemahaman mengenai peta pemilih bisa lebih fokus dan efektif.

KEGUNAAN SURVEI PILKADA

Bahan Evaluasi

Seberapa banyak kandidat dikenal, seberapa banyak kandidat disukai, di wilayah dan segmen apa saja kandidat dikenal/disukai dan sebagainya.
Basis dukungan dari kandidat, diwilayah dan segmen mana kandidat di dukung.
Menghitung bagaimana kekuatan dan kelemahan dari kandidat serta kompetitornya.
Semua bahan evaluasi tersebut akan mendasari pertimbangan kandidat dalam menentukan strategi berikutnya.

Bahan Pembuatan Strategi

Survei ini menyediakan data yang berguna mengenai karateristik dan kecendrungan preferensi pemilih.
Survei juga akan memberikan informasi isu populer beserta medium sosialisasi yang efektif dalam rangka kampanye kandidat.
Data ini dapat digunakan kandidat untuk merancang strategi dalam melakukan program image building yang terarah dan terukur.

OUTPUT SURVEI PILKADA

Posisi kandidat (Pengenalan, Kesukaan dan Electability)
Basis dukungan terhadap kandidat (Wilayah, Suku, Agama, dll)
Strategi yang akan dilakukan (Program, Isu dan Medium Sosialisasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar